Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Fadhilah Membaca Doa Ayat Kursi Menurut Sunnah Nabi

doa.portalislam.com - Fadhilah membaca doa Ayat Kursi menurut sunnah Nabi merupakan sebuah amalan yang memiliki keutamaan yang luar biasa. Doa ini memiliki banyak manfaat dan keberkahan bagi setiap Muslim yang melantunkannya dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Ayat Kursi sendiri merupakan salah satu ayat paling agung dan penting dalam Al-Qur'an yang terletak di Surat Al-Baqarah, ayat ke-255. Ayat ini memiliki keindahan yang tak terhingga serta berisi kekuasaan Allah yang luar biasa. Membaca doa Ayat Kursi dengan memperhatikan tata cara yang diajarkan Rasulullah memberikan pelengkap keutamaan dari doa tersebut.

Fadhilah Membaca Doa Ayat Kursi Menurut Sunnah Nabi

 

Membaca doa Ayat Kursi memiliki fadhilah yang sangat besar dalam Islam, dan dianjurkan sesuai dengan contoh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.



Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang terdapat dalam Al-Qur'an yang memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW. mengajarkan umat Islam untuk membaca doa Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu. Banyak fadhilah atau keutamaan yang dikaitkan dengan membaca doa ini.



Salah satu fadhilah membaca doa Ayat Kursi adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Ayat Kursi sendiri menyebutkan bahwa Allah SWT. adalah pemelihara segala sesuatu. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan-Nya dari segala macam bahaya dan musibah di dunia dan akhirat.



Selain itu, membaca doa Ayat Kursi juga dipercaya dapat mendatangkan ketenangan dan kedamaian dalam hati. Saat kita menghadapi masalah atau kegelisahan, membaca Ayat Kursi dapat membantu meredakan kecemasan dan memberikan ketenangan batin. Doa ini juga dapat menguatkan iman dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan hidup.



Selain itu, membaca doa Ayat Kursi juga dapat memperoleh keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan. Dalam hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW. bersabda, "Barangsiapa membaca Ayat Kursi setelah setiap shalat fardhu, maka tidak ada yang menghalangi dia dari masuk surga kecuali meninggal". Hal ini menunjukkan betapa besar keberkahan yang bisa kita dapatkan hanya dengan membaca doa Ayat Kursi setelah shalat fardhu.

 

 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca doa Ayat Kursi sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Dengan membaca doa ini, kita dapat merasakan fadhilah besar yang terkandung di dalamnya, seperti perlindungan Allah, ketenangan hati, dan keberkahan dalam kehidupan kita. Mari kita amalkan sunnah Rasulullah SAW. dengan rajin membaca doa Ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu.



Manfaat Pertama: Melindungi Dari Gangguan Syaitan

 

Membaca doa Ayat Kursi diyakini memiliki manfaat melindungi diri dari gangguan syaitan. Ayat Kursi sendiri merupakan salah satu bagian dari Al-Qur'an yang memiliki keutamaan luar biasa. Dalam hadis riwayat Muslim, disebutkan bahwa Rasulullah SAW menyebut Ayat Kursi sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Qur'an.

 

Doa Ayat Kursi mengandung kalimat-kalimat yang memuji kebesaran Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya. Dengan membacanya dengan penuh keimanan, kita dapat meminta pertolongan serta perlindungan dari segala macam gangguan syaitan atau makhluk gaib jahat lainnya.

 

Dalam Islam, syaitan atau setan termasuk salah satu dari musuh yang selalu berusaha menggoda manusia agar melakukan kesalahan atau dosa. Oleh karena itu, membaca doa Ayat Kursi secara rutin dapat menjadi benteng pertahanan untuk menjauhkan gangguan syaitan dari diri kita dan melindungi kita dari segala macam godaan yang dapat merusak keimanan dan perilaku kita.



Membaca doa Ayat Kursi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sebaiknya, kita membiasakan diri untuk membacanya setiap selesai melakukan shalat lima waktu ataupun sebelum tidur. Dengan begitu, kita dapat terus memperkuat keimanan serta mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.



Mari kita manfaatkan doa Ayat Kursi untuk menjaga diri dari gangguan syaitan dan memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here