Doa

Doa

Portal Islam

May 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

6 Doa Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan (Sesuai Sunnah)

6 Doa Perjalanan Jauh Agar Selamat Sampai Tujuan (Sesuai Sunnah)

Dalam setiap perjalanan, baik yang dekat maupun yang jauh, seorang muslim diajarkan untuk senantiasa mengingat Allah dan memohon perlindungannya. Doa perjalanan atau 'doa safar' adalah salah satu cara umat Islam untuk memohon keselamatan dan perlindungan selama di perjalanan. Berikut ini adalah enam doa yang bisa diucapkan untuk membantu Anda merasa lebih aman dan berkah selama perjalanan jauh.

Kumpulan Doa Perjalanan Jauh

Sebelum memulai perjalanan, sangat penting bagi setiap Muslim untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, memohon keselamatan, perlindungan, dan keberkahan selama perjalanan. Kumpulan doa berikut ini telah dirangkum dari sumber-sumber yang terpercaya dan merupakan bagian dari ajaran Nabi Muhammad SAW, yang selalu mengajarkan umatnya untuk berdoa sebelum dan selama melakukan perjalanan.

1. Doa Sebelum Memulai Perjalanan

Doa ini adalah doa umum yang dibaca oleh umat Islam sebelum memulai setiap perjalanan, baik dekat maupun jauh. Doa ini mencakup permohonan untuk keberkahan, keselamatan, dan perlindungan sepanjang perjalanan. Dalam Islam, doa ini sangat dianjurkan karena dianggap sebagai pengingat bahwa setiap keberhasilan dan keselamatan datang hanya dari Allah SWT.

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَىاللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُاللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ

Artinya: "Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam perjalanan ini kebaikan dan ketakwaan, dan dari perbuatan-perbuatan yang Engkau ridhai. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam perjalanan ini dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendamping dalam perjalanan dan pengganti di antara keluarga kami."

2. Doa Ketika Naik Kendaraan

Doa ini khusus dibacakan ketika Anda memulai perjalanan dengan naik kendaraan. Doa ini memohon perlindungan khusus saat berada di dalam kendaraan, mengingat risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan. Doa ini juga mengingatkan bahwa semua kemudahan dan kesulitan yang terjadi dalam perjalanan adalah dengan kehendak Allah.

بِسْمِ اللَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya. Segala puji bagi Allah. Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami ini (kendaraan) yang tidak mampu kami kuasai dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami."

3. Doa Saat Melintasi Tempat Menanjak

Doa ini dianjurkan untuk dibaca saat melintasi tempat yang menanjak sebagai simbol mengatasi kesulitan dan rintangan. Doa ini juga berfungsi sebagai pengingat bahwa kekuatan dan kemampuan untuk mengatasi rintangan hanya bersumber dari Allah SWT.

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar."

4. Doa Ketika Mengalami Kesulitan dalam Perjalanan

Doa ini sangat penting untuk dibaca saat menghadapi kesulitan dalam perjalanan. Ini merupakan permohonan langsung kepada Allah untuk memudahkan segala kesulitan yang dihadapi, mengingat bahwa hanya Allah yang mampu mengubah situasi sulit menjadi lebih mudah.

اللَّهُمَّ سَهِّلْ وَلا تُعَسِّلْ

Artinya: "Ya Allah, permudahlah dan jangan Engkau persulit."

5. Doa Ketika Mendekati Tujuan

Doa ini dibaca saat Anda hampir mencapai tujuan. Doa ini adalah ungkapan syukur atas keamanan dan keselamatan yang telah diberikan Allah selama perjalanan, serta permohonan untuk diterima segala ibadah dan usaha selama perjalanan.

اللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا السَّفَرَ مُبَارَكًا لَنَا، اللَّهُمَّ زِدْنَا وَلا تَنْقُصْنَا

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah perjalanan ini penuh berkah bagi kami, tambahkanlah kami dan jangan Engkau kurangi."

6. Doa Setelah Sampai di Tujuan

Setelah tiba di tujuan, adalah penting bagi seorang muslim untuk membaca doa sebagai tanda terima kasih kepada Allah atas segala keselamatan dan keberkahan selama perjalanan. Doa ini juga merupakan bentuk pengakuan bahwa semua keselamatan yang diperoleh hanyalah dari Allah SWT.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي سَلَّمَنَا وَوَصَلَنَا وَحَفِظَنَا

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami, yang telah membawa kami sampai tujuan, dan yang telah menjaga kami."

Keutamaan Membaca Doa Saat Perjalanan Jauh

Dalam Islam, setiap langkah yang ditempuh oleh seorang muslim yang disertai dengan doa dan ingatan kepada Allah dijanjikan akan mendapatkan pahala. Membaca doa tidak hanya menghadirkan ketenangan dan keamanan psikologis, tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang akan mendatangkan berkah dalam segala aspek kehidupan. Selain itu, doa berperan sebagai pengingat bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah, dan manusia harus senantiasa bergantung kepada-Nya dalam setiap langkah kehidupan.

Semoga dengan membaca doa-doa ini, perjalanan Anda menjadi lebih aman, nyaman, dan penuh dengan keberkahan. Selamat berpergian, dan jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah, Sang Maha Pemelihara.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here