Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

7 Keutamaan Membaca Do'a Ayat Kursi Dalam Kehidupan Sehari - Hari Menurut Sunnah Nabi Muhammad SAW

Ayat Kursi

tafsir.portalislam.com - Halo sahabat yang dimuliakan oleh Allah, pada kesempatan yang berbahagia ini, penulis akan mengulas tentang ayat 255 surat Al-Baqarah atau yang sering kita kenal dengan ayat Kursi.

Minat dan kesadaran baca surat Al-Baqarah 255 ini masih bisa dikatakan cukup rendah mengingat masih sedikit nya literasi pemahaman umat muslim tentang ayat yang satu ini padahal diaNya mempunyai kandungan fadhilah yang luar biasa walau hanya satu ayat saja.
Di antara do'a dan surat-surat laiinya, ayat kursi memiliki derajat yang paling tinggi.

Ayat kursi sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi berisi tentang keesaan Allah SWT beserta kekuasaan Allah yang mutlak. Banyak sekali arti dan makna yang terkandung dalam ayat kursi.

Ayat kursi mempunyai tempat tersendiri di dalam alqur'an meskipun selurut ayat dari 114 surat dalam Al-Qur'an itu mulia. Salah satu yang menjadi kemuliaan ayat kursi adalah mendapatkan perlindungan dari Allah SWT di pagi, siang, sore dan malam hari.

Membaca doa ayat kursi diyakini dapat menggoncangkan jiwa dan keimanan hidup seorang muslim. ayat tersebut disebut ayat madiniah karena turun di malam hari di madinah.

Ketika ayat kursi diturunkan ke bumi maka beribu-ribu malaikat mengiringinya karena kemuliaan yang terkandung dalam al-baqarah 255 tersebut serta ayat ini mengandung kebesaran nama dan firman Allah Azza Wa Zalla. Muhammad bin Al-Hanafiyah meriwayatkan bahwasannya seluruh berhala yang ada di dunia ini semuanya berjatuhan, mahkota-mahkota raja saling berjatuhan, para penguasa bumi menjatuhkan wajah mereka ke bumi, semua setang yang ada di bumi berlarian dan seluruh malaikat bersujud mengiringinya.

Mengapa Ayat Kursi?

Definisi ayat kursi dapat diartikan sebagai sebuah ruangan yang mempunyai kapasitas yang sangat besar melibihi langit dan bumi kemudian berwujud sebagai pemerintahan, keukuasaan serta kerajaan yang dimiliki oleh Allah Azza Wa Zalla (Red).

Terlebih daripada itu nama "kursi" dapat kita katakan sebagai salah satu sifat Allah Azza Wa Zalla untuk mengatur seluruh Makhluk Ciptaan-Nya yang ada di langit dan di bumi sedangkan beberapa ulama berpendapat bahwasannya penamaan ayat kursi dapat diartikan dengan simbol keagungan dan kebesaran Allah Azza Wa Zalla.

Dari semua pemaparan diatas maka dapat kita simpulkan bahwasannya penamaan ayat kursi merupakan sebuah hukum Allah Azza Wa Zalla atau pondasi kebijakan Allah Azza Wa Zalla dan simbol kekuasaan yang dimiliki-Nya. Secara mutlak, turunnya ayat tersebut di kota madinah dapat memberikan petunjuk atas sifat-sifat Allah Azza Wa Zalla. ini senada dengan hadits Rasulullah SAW dari Tirmidzi yang berbunyi:

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Artinya: “Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Alquran ialah surat al-Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat al-quran yaitu ayat kursi.” (HR. Tirmidzi)

cukuplah sebuah hadis riwayat Ubay bin Ka’ab mengatakan bahwa keesaan dan kekuasaan Allah terkandung di dalamnya. Arti dan makna tentang keutamaan serta manfaat ayat kursi ada di setiap kalimatnya.

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya

Kendati membaca doa ayat kursi dapat dibaca kapanpun dan dimanapun namun sangat dianjurkan untuk membaca di dua waktu yaitu pada pagi hari dan sore ahri, setelah shalat lima waktu dan sebelum tidur.

Berikut bacaan ayat kursi dalam tulisan Arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ‌ۚ

لَا تَأۡخُذُهُ ۥ سِنَةٌ۬ وَلَا نَوۡمٌ۬‌ۚ لَّهُ ۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗ

مَن ذَا ٱلَّذِى يَشۡفَعُ عِندَهُ ۥۤ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ‌ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىۡءٍ۬ مِّنۡ عِلۡمِهِۦۤ إِلَّا بِمَا شَآءَ‌ۚ

وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ‌ۖ

وَلَا يَـُٔودُهُ ۥ حِفۡظُهُمَا‌ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِىُّ ٱلۡعَظِيمُ

Bismillahirrahmanirrahiim

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Beberapa Keutamaan Membaca Ayat Kursi Yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah semestinya kita sebagai seorang muslim bero'a dan berdzikir hanya kepada Allah Azza Wa Zalla saja. Keutamaan membaca, menghapal dan mengamalkan ayat kursi sungguh luar biasa sekali, dahsyat sekali. Mulai dari status ayat Al-Baqarah 255 ini sebagai pemimpin ayat Al-Qur'an , Ayat paling agung, untuk mendapatkan balasan syurga yang seluas langit dan bumi, pahalanya orang yang mati syahid, memohon perlindungan dari Allah Azza Wa Zalla hingga rezeki yang datang dari arah yang tak disangka-sangka. Berikut kami rangkum 7 keutamaan membaca doa ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Ayat Kursi Merupakan Ayat Paling Agung dalam Alquran

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Muslim yang berbunyi:

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش   (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ

Artinya: “Dari Ubay bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim).

Seluruh umat muslim dan muslimah yang ada di dunia ini akan mendapatkan manfaat dan fadhilah amal yang luar biasa dahsyat hanya dengan membaca dan mengamalkan ayat kursi, hanya satu ayat saja yaitu terletak di Al-Baqarah 255. DiaNya terdapat nama Allah Azza Wa Zalla yang paling agung sekali yakni pada bait AlHayyu dan AlQayyum, ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dan menjadi raja dari sebagian ayat di dalam AL-Qur'an (Penerjemah, red)

2. Membaca Doa Ayat Kursi Dapat Membuka Pintu Hikmah dan Rezeki Dari Arah Yang Tak Di Sangka - Sangka

Selain itu, barang siapa yang membacanya akan dinaikkan derajatnya dan dimudahkan rezekinya oleh Allah di dunia dan akhirat. Dengan membaca ayat kursi sebanyak 18 kali sehari, Allah akan memberikan pengaruh besar sehingga orang akan senantiasa menghormatimu. Allah juga akan menjaga orang tersebut dari segala bencana yang akan menimpanya pada hari itu.

"Barangsiapa yang membaca doa ayat kursi maka akan dinaikan derajatnya dan dimudahkan rezekinya oleh Allah Azza Wa Zalla di dunia dan di akhirat"

DenganNya maka Allah Azza Wa Zalla akan memberikan kepada ahli ayat kursi pengaruh besar sehingga penduduk bumi akan senantiasa menghormatinya. Allah Azza Wa Zalla juga akan menjaga orang tersebut dari segala bencana yang akan menimpanya pada hari itu.

3. Membaca Doa Ayat Kursi Bisa Mendapat Keberkahan, Diajuhkan dari Kesulitan, Disingkirkan dari Bencana Dan Dihapuskan Kesedihan dengan Cepat.

ini tentu Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari HR. Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Ghozali yang memiliki arti:

Artinya: “Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.” (HR. Imam Abu Hamid Bin Muhammad Al-Gozhali).

4. Ayat Kursi sebagai Penghulu Alquran

Keutamaan ayat kursi ialah sebagai surat yang paling unggul, paling, tinggi, dan penghulu ayat-ayat Alquran. Dengan membaca serta mengamalkan ayat kursi, Allah SWT akan menjaga umat muslim dari gangguan setan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi.”

5. Ayat Pembuka bagi Segala Kesusahan

Bagi ahli doa ayat kursi, dia akan mendapat banyak kemenangan dan di bukakan pintu-pintu kemudahan pun Allah Azza Wa Zalla akan mempermudah seluruh hajat orang tersebut.

Sesuai sabda Rasulullah SAW:

Artinya: “Barangsiapa yang belajar Ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu yang mana saja dipersilahkan.”

6. Membaca Doa Ayat Kursi Bisa Menghilangkan Segala Kesulitan

Keutamaan ayat kursi ialah sebagai pertolongan bagi umat muslim. Allah SWT akan mendatangkan pertolongan bagi seseorang yang sedang dalam kesulitan. Dengan mengamalkan atau membaca ayat kursi sesudah salat wajib atau salat sunah, segala kesulitan akan hilang. Allah juga akan melindungi dan membebaskan mereka dari segala hal yang tidak diinginkan dengan membaca ayat kursi.

Allah Azza Wa Zalla akan mendatangkan pertolongan secara cepat kepada ahli ayat kursi yang sedang berada dalam kesulitan selama dia masih bernafas. Dengan membaca atau mengamalkan ayat kursi sesudah shalat wajb atau shalat sunnah maka segala kesulitan akan diangkat. Allah Azza Wa Zalla juga akan melindungi mereka dan membebaskan mereka dari segala hal yang tidak diinginkan terjadi ketika mereka membaca doa ayat kursi. perhatikan sabda Nabi Muhammad SAW Di Bawah.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu, dan setan tīdak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari).

7. Membaca Doa Ayat Kursi Dapat Memudahkan Sakaratul Maut

Allah SWT akan mendatangkan sesuatu yang diinginkan dan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada dengan mengamalkan ayat kursi. Bagi umat muslim yang membaca ayat kursi, akan Allah mudahkan sakaratul mautnya.

Telah sampailah kita di ujing bahasan mengenai 7 rahasia keutamaan membaca doa ayat kursi, semoga kita semua menjadi ahli ayat kursi agar bisa mendapatkan semua keutamaan diatas. Aamiin. Wallahualam Bishowab.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here