Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Sholat Istikharah: Memohon Petunjuk Allah dalam Keputusan Hidup

Doa Sholat Istikharah adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon petunjuk Allah dalam mengambil keputusan hidup. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan pada berbagai pilihan dan keputusan yang penting. Baik itu dalam hal pekerjaan, perkuliahan, pernikahan, atau hal-hal lain yang dapat mempengaruhi jalan hidup kita.

Doa Sholat Istikharah: Memohon Petunjuk Allah dalam Keputusan Hidup

Doa Sholat Istikharah memiliki arti yang dalam bagi umat Muslim. Istikharah berasal dari kata "istikhar" dalam bahasa Arab yang berarti meminta petunjuk. Dalam doa ini, kita memohon kepada Allah untuk memberikan petunjuk yang terbaik bagi kehidupan kita.

Doa ini tidak hanya sekedar meminta, melainkan juga mencerminkan rasa tawakkal atau pasrah kepada kehendak-Nya. Dalam melaksanakan Doa Sholat Istikharah, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Pertama, sebelum melakukan sholat istikharah, kita sebaiknya mempersiapkan diri dengan membersihkan diri dan wudhu. Kemudian, pilihlah waktu yang baik untuk melaksanakan sholat istikharah, seperti menjelang tidur malam.

Kemudian, pada tahap pelaksanaan sholat istikharah, kita dapat melakukan dua rakaat salat sunnah. Setelah itu, bertasbihlah dengan menggunakan tasbih sebanyak 33 kali dengan membaca "Subhanallah", 33 kali membaca "Alhamdulillah", dan 34 kali membaca "Allahu Akbar". Selanjutnya, bacalah doa Istikharah yang dianjurkan:

"Allahumma inni astakhiruka bi 'ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as-aluka min fadlika al-'azim fa-innaka taqdiru wa la aqdiru wa ta'lamu wa la a'lamu wa anta 'allamu al-ghuyub. Allahumma in kunta ta'lamu anna hadha al-amra (sebutkan persoalan yang sedang dihadapi) khayrun li fi dini wa ma'ashi wa 'aqibati amri, faqdurhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi. Wa in kunta ta'lamu anna hadha al-amra (sebutkan persoalan yang sedang dihadapi) sharrun li fi dini wa ma'ashi wa 'aqibati amri, fasrifhu 'anni wasrifni 'anhu waqdur liya al-khayra haythu kana thumma radhdhini bihi."

Doa istikharah ini mengandung permohonan agar Allah memberikan petunjuk yang terbaik bagi kita. Kita memohon kepada-Nya agar jika keputusan yang kita ambil baik bagi agama kita, kehidupan dunia kita, dan akhirat kita, maka mudahkanlah dan berkahilah keputusan tersebut. Namun jika keputusan tersebut buruk bagi agama kita, kehidupan dunia kita, dan akhirat kita, maka arahkanlah kita pada yang lebih baik dan hindarkanlah dari yang buruk.

Setelah melaksanakan sholat istikharah dan membaca doanya, kita harus mengikhlaskan diri dengan rida-Nya. Berarti, kita harus tawakkal dan yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita. Apapun keputusan yang kita ambil selanjutnya, kita harus meyakini bahwa itu adalah hasil petunjuk dari Allah dan kita harus menerima segala konsekuensinya dengan ikhlas.

Doa Sholat Istikharah merupakan salah satu bentuk introspeksi diri yang penting bagi umat Muslim. Dengan menghadapkan diri kepada Allah dan memohon petunjuk-Nya, kita dapat merasa lebih yakin dan tenang dalam mengambil keputusan hidup.

Kita meyakini bahwa Allah adalah pemilik segala keputusan dan hanya Dia yang mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Semoga doa Sholat Istikharah kita didengar dan kehidupan kita senantiasa dipenuhi dengan kebaikan dan berkah dari-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here