Doa

Doa

Portal Islam

May 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Doa Sujud Syukur Beserta Tata Cara Melakukannya

Bacaan Doa Sujud Syukur Beserta Tata Cara Melakukannya

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita mendapatkan nikmat dan karunia dari Allah SWT yang terkadang di luar dugaan. Sebagai bentuk rasa syukur, umat Islam dianjurkan untuk melakukan sujud syukur. Sujud syukur merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang hukum dan niat doa sujud syukur, bacaan doa sujud syukur, serta tata cara melakukan doa sujud syukur.

Hukum dan Niat Doa Sujud Syukur

Hukum melakukan sujud syukur dalam Islam adalah sunnah. Hal ini berarti, melakukan sujud syukur adalah amalan yang dianjurkan, namun tidak wajib. Sujud syukur dilakukan sebagai bentuk pengakuan dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan. Sebelum melakukan sujud syukur, seseorang harus membaca niat dalam hati. Niat tersebut adalah "نَوَيْتُ سُجُودَ الشُّكْرِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى" (Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala), yang berarti "Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala."

Bacaan Doa Sujud Syukur

Ada berbagai doa yang bisa diamalkan saat melakukan sujud syukur, masing-masing dengan makna dan keutamaannya sendiri. Berikut adalah tujuh doa yang bisa dibaca untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

1. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil

Doa ini melibatkan pujian kepada Allah dengan mengucapkan tasbih, tahmid, dan tahlil. Bacaan ini mengingatkan kita tentang kebesaran Allah, kekuatan, dan kemurahan-Nya. "سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ" (Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim). Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

2. Membaca Doa Sujud Syukur

Doa ini secara khusus diucapkan saat sujud syukur, mengakui bahwa segala nikmat dan keindahan yang ada pada diri kita adalah ciptaan Allah. "سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الخَالِقِيْنَ" (Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam'ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin). Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

3. Membaca Surah An-Naml Ayat 19

Surah An-Naml ayat 19 merupakan ayat Al-Qur'an yang sering dibaca dalam sujud syukur, memohon kepada Allah agar kita selalu bersyukur atas nikmat-Nya. "رَبِّ اَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ" (Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin). Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Tata Cara Melakukan Doa Sujud Syukur

Untuk melakukan sujud syukur, ada beberapa langkah yang harus diikuti agar ibadah ini dilakukan dengan benar sesuai dengan tuntunan Islam.

1. Membaca Niat

Langkah pertama adalah membaca niat dalam hati. Niat ini penting karena menentukan arah dan tujuan ibadah kita. "نَوَيْتُ سُجُودَ الشُّكْرِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى" (Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala), yang berarti "Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala."

2. Melakukan Takbiratul Ihram

Setelah niat, ucapkan takbiratul ihram "اللَّهُ أَكْبَرُ" (Allahu Akbar) sebagai tanda memulai sujud syukur. Takbiratul ihram ini sama seperti takbir yang diucapkan saat memulai salat.

3. Melakukan Sujud

Sujud adalah inti dari ibadah sujud syukur. Dalam sujud, ucapkan doa-doa sujud syukur yang telah disebutkan sebelumnya, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

4. Membaca Doa Sujud Syukur

Dalam posisi sujud, bacalah doa sujud syukur dengan khusyuk dan penuh penghayatan. Ini adalah momen antara Anda dengan Allah, mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat-Nya.

5. Mengucapkan Salam

Setelah selesai membaca doa, akhiri dengan mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri, seperti pada akhir salat. Ini menandakan bahwa Anda telah selesai melakukan sujud syukur.

Sujud syukur dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak terbatas pada waktu tertentu atau setelah melakukan salat. Ini merupakan salah satu keindahan dalam beribadah kepada Allah SWT, dimana umat-Nya diberikan keleluasaan untuk selalu mengingat dan bersyukur kepada-Nya dalam segala kondisi.

Demikianlah pembahasan tentang bacaan doa sujud syukur beserta tata cara melakukannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Ingatlah, setiap nikmat yang kita terima adalah bukti kasih sayang Allah kepada kita, dan cara terbaik untuk membalasnya adalah dengan bersyukur dan taat kepada-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here