Doa

Doa

Portal Islam

Feb 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Arti dan Definisi Sholawat Nariyah: Doa dan Keutamaan dalam Tradisi Agama Islam

Sholawat Nariyah

doa.portalislam.com - Sholawat Nariyah, adalah sebuah doa pujian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Dipercaya oleh umat Muslim sebagai salah satu bentuk ibadah yang memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri. Dalam berbagai kesempatan, sholawat Nariyah kerap dikumandangkan sebagai wujud penghormatan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Nariyah juga dikenal sebagai sholawat penolak bala atau sholawat pelindung dari segala marabahaya. Artinya, melantunkan sholawat ini diharapkan dapat memberikan perlindungan dan membela diri dari berbagai kesulitan atau musibah yang mungkin menimpa.

Dalam tata cara pelafalannya, sholawat Nariyah memiliki keunikan tersendiri. Biasanya, sholawat ini diucapkan dengan mengangkat kedua tangan ke langit, menjari-jari jemari tangan sambil meletakkannya di atas kepala, dan membaca dzikir khusus yang mengandung puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Cara pelafalan yang khas dan gerakan yang beriringan dengan lantunan suara, membuat sholawat ini menjadi begitu memikat dan sarat dengan kekhusukan spiritual.

Banyak diantara umat Muslim yang meyakini bahwa melantunkan sholawat Nariyah dapat mendatangkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Selain sebagai bentuk ibadah, beberapa keyakinan yang berkembang juga menjadikan sholawat ini sebagai sarana untuk memohon berbagai macam kebutuhan dan harapan terhadap Allah SWT. Dalam kebersamaan melafalkan sholawat Nariyah, umat Muslim juga merasakan kehangatan dan kedekatan dengan Nabi Muhammad SAW yang mereka cintai.

Terkait dengan arti sholawat Nariyah, terdapat berbagai pendapat dan interpretasi. Beberapa ulama berpendapat bahwa Nariyah berasal dari kata "nur" yang berarti cahaya. Sehingga, sholawat Nariyah diartikan sebagai sholawat yang membawa cahaya ke dalam hati dan jiwa umat Muslim yang melantunkannya. Tak hanya itu, terdapat juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa Nariyah berasal dari kata "naara" yang berarti api. Maka, melantunkan sholawat Nariyah diharapkan dapat membakar dosa dan kesalahan kita.

Tak dapat dipungkiri, sholawat Nariyah merupakan warisan agung bagi umat Muslim. Dalam keberagaman budaya dan peradaban, sholawat ini mampu menembus batas-batas waktu dan menjembatani jarak antara satu umat dengan umat lainnya. Dimanapun dan kapanpun, sholawat Nariyah selalu menjadi ikatan yang mempersatukan hati dan menjaga kebersamaan umat Muslim dalam mencintai dan merindukan Nabi Muhammad SAW.

Interpretasi Sholawat Nariyah

 

Sholawat Nariyah memiliki makna yang dalam dan kaya akan simbolisme. Secara harfiah, kata "nariyah" mengacu pada kebakaran atau api. Namun, dalam konteks sholawat ini, makna tersebut melampaui arti harfiahnya. Sholawat Nariyah merupakan doa yang berkaitan dengan api neraka, yang menggambarkan keinginan kita untuk terlindungi dari bahaya siksaan dalam kehidupan akhirat.

 

Dalam kepercayaan Islam, Neraka merupakan tempat siksaan dan penderitaan bagi orang-orang yang tidak beriman dan melakukan perbuatan dosa. Dalam konteks Sholawat Nariyah, doa ini berfungsi sebagai bentuk permohonan perlindungan kepada Allah SWT untuk tidak ditimpa siksaan api Neraka. Sholawat Nariyah dipercaya mampu melindungi kita dari ancaman bahaya dan keburukan yang dapat menghancurkan hidup kita di akhirat.

 

Sholawat Nariyah juga memiliki makna mendalam dalam menggelorakan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah adalah utusan Allah SWT yang memiliki kedudukan yang sangat mulia dalam agama Islam. Mencintai Rasulullah adalah bentuk penghormatan dan pengagungan kepada beliau, serta menunjukkan kesetiaan kita sebagai umat Muslim. Dengan mengamalkan sholawat Nariyah, kita berharap mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat, yang akan memperlancar jalan menuju surga.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here