Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Manfaat dan Keistimewaan Amalan Sholawat Nariyah yang Mengagumkan

doa.portalislam.com - Amalan sholawat nariyah merupakan salah satu amalan yang tidak asing lagi bagi umat Muslim di Indonesia. Sholawat ini merupakan sebuah dzikir yang sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk kecintaan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Selain memiliki nilai keagamaan yang tinggi, amalan sholawat nariyah juga memiliki berbagai manfaat spiritual bagi yang melakukannya.

Amalan sholawat nariyah dikenal juga dengan sebutan “sholawat badar”. Sholawat ini diambil dari lagu sholawat yang berjudul “Assalamu'alaika Ya Rasulullah”. Lagu ini diiringi dengan alunan musik yang merdu dan syair yang memuji keagungan Nabi Muhammad SAW. Dalam sholawat tersebut, umat Muslim mengakui dirinya sebagai hamba yang lemah dan memohon pertolongan serta ridha Nabi Muhammad SAW.

Amalan sholawat nariyah telah dipopulerkan oleh para wali dan ulama terkemuka di Indonesia. Mereka percaya bahwa dengan melantunkan sholawat ini, umat Muslim dapat menambah kecintaan dan kesempurnaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat dari amalan sholawat nariyah antara lain meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, mendapatkan perlindungan dari bahaya, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menurut sejarah, asal usul sholawat nariyah berasal dari Brigadir Jenderal K.H. Mustain Romli. Beliau adalah seorang ulama dan perwira tinggi di tubuh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam pertemuan dengan ulama di Mekkah, K.H. Mustain Romli didatangi oleh Nabi Muhammad SAW dalam mimpinya dan mengajarkan sholawat nariyah padanya. Sejak saat itulah, sholawat ini semakin populer dan banyak dijalankan oleh umat Muslim.

Amalan sholawat nariyah dapat dilakukan setiap saat dan dalam berbagai keadaan. Dengan menyelipkan sholawat ini dalam rutinitas harian, kita dapat memperkuat ikatan kita dengan Nabi Muhammad SAW. Selain itu, juga dapat menjadi bentuk penghargaan terhadap perjuangan dan dedikasi Nabi dalam menyebarkan agama Islam di dunia.

Apa itu Sholawat Nariyah?

 

Sholawat Nariyah adalah bacaan doa yang disebutkan dalam kitab Nariyah, yang memiliki tujuan untuk memohon pertolongan kepada Allah. Doa ini termasuk dalam kategori sholawat, yang merupakan pujian dan permohonan kepada Nabi Muhammad SAW.



Sholawat Nariyah memiliki sejarah yang cukup unik. Dinamakan Nariyah karena diambil dari nama seorang Arab bernama Nariyah bin Syihab. Nariyah bin Syihab adalah seorang sufi yang hidup pada masa kejayaan Islam, tepatnya pada abad ke-5 H atau abad ke-11 M.



Kitab Nariyah sendiri tidak hanya berisi sholawat ini, melainkan juga berbagai macam doa dan dzikir yang bisa diamalkan oleh umat Islam. Namun, sholawat Nariyah menjadi salah satu bagian yang cukup populer dan sering diamalkan oleh umat Muslim.



Sholawat Nariyah memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Salah satu manfaatnya adalah sebagai sarana untuk memohon pertolongan kepada Allah. Dalam sholawat ini, umat Muslim meminta perlindungan, ampunan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT. Selain itu, sholawat Nariyah juga dipercaya dapat menghapus dosa-dosa dan mendatangkan rahmat Allah.



Bagi mereka yang sering membaca sholawat Nariyah, disarankan untuk melakukannya secara rutin dan konsisten. Sebab, dengan rutin melantunkan sholawat ini, umat Muslim dapat menjaga ikatan spiritual mereka dengan Allah dan semakin dekat dengan keberkahan-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here