Doa

Doa

Portal Islam

May 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Latin + Artinya Lengkap

Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Latin + Artinya Lengkap

Dalam praktik keagamaan Islam, memasuki dan meninggalkan masjid memiliki tata cara yang khusus, termasuk membaca doa. Doa masuk dan keluar masjid bukan sekedar ritual, melainkan juga sarana menghormati tempat suci tersebut sambil memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Artikel ini akan membahas secara mendalam doa-doa tersebut lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan terjemahannya, serta menjelaskan adab-adab masuk masjid dan keutamaannya.

Doa Pergi Ke Masjid

Sebelum berangkat ke masjid, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Doa ini diucapkan sebagai permohonan perlindungan dan bimbingan selama perjalanan ke masjid. Salah satu doa yang sering dibaca adalah:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ إِلَى الصَّلَاةِ فَقَالَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِينَ عَلَيْكَ وَأَسْأَلُكَ بِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا فَإِنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا وَلَا بَطَرًا وَلَا رِيَاءً وَلَا سُمْعَةً وَخَرَجْتُ اتِّقَاءَ سُخْطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُعِيذَنِي مِنْ النَّارِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Latin: "Allahumma inni as'aluka bihaqqi as-saa'ileen 'alaika wa as'aluka bihaqqi mamshaya hadha, fa inni lam akhruj asharran wala batran wala riya'an wala sum'atan, wa kharajtu ittiqaan sakhthika wa ibtighaa'a mardhatika, fa as'aluka an tu'idhani minan-naar wa an taghfira li dhunoobi, innahu la yaghfiru dh-dhunooba illa anta."

Artinya: "Ya Allah, aku meminta kepada-Mu dengan hak orang-orang yang meminta kepada-Mu, dan dengan hak perjalanan ini. Sesungguhnya aku tidak keluar dengan niat buruk atau untuk riya atau untuk mendapatkan pujian dari manusia. Aku keluar untuk menghindari murka-Mu dan mencari keridhaan-Mu. Maka, aku memohon perlindungan dari neraka dan ampunan atas dosa-dosaku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau."

Doa Masuk Masjid

Setibanya di masjid, umat Islam diwajibkan membaca doa masuk masjid sebagai bentuk penghormatan kepada rumah Allah. Berikut adalah salah satu versi doa masuk masjid yang populer:

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Latin: "A'udhu billahil 'azheem wa biwajhihil kareem wa sultanihil qadeem minash shaytanir rajeem. Bismillah wa al-hamdu lillah. Allahumma salli wa sallim 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad. Allahummaghfir li dhunubi waftah li abwaba rahmatik."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajah-Nya yang Maha Mulia, dan kekuasaan-Nya yang abadi dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Allah, berikanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa Keluar Masjid

Setelah selesai beribadah atau saat meninggalkan masjid, doa keluar masjid dibaca sebagai tanda syukur atas kesempatan untuk beribadah di rumah Allah. Ini adalah doa yang direkomendasikan:

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

Latin: "A'udzu billahil 'azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas shaytanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma salli wa sallim 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad. Allahummaghfir li dhunubi waftah li abwaba fadhlik."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah yang Maha Besar, dengan wajah-Nya yang Maha Mulia, dan kekuasaan-Nya yang abadi dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Allah, berikanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu kemurahan-Mu."

Adab-Adab Masuk Masjid

Memasuki masjid dengan adab yang baik merupakan bagian penting dari menghormati rumah ibadah. Berikut adalah sepuluh adab masuk masjid yang harus diperhatikan:

  1. Menggunakan pakaian yang bersih dan menutup aurat.
  2. Melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu saat memasuki masjid.
  3. Membaca doa masuk masjid.
  4. Menghindari membawa bau yang tidak sedap atau mengganggu.
  5. Bersikap tenang dan tidak membuat kegaduhan.
  6. Tidak makan atau minum di dalam masjid kecuali dalam keadaan darurat.
  7. Menggunakan ponsel dengan bijak, menghindari penggunaan yang dapat mengganggu ibadah orang lain.
  8. Tidak berbicara keras atau tertawa terbahak-bahak.
  9. Menghormati orang lain yang sedang beribadah.
  10. Meninggalkan masjid dengan kaki kiri dan membaca doa keluar masjid.

Keutamaan Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid

Membaca doa masuk dan keluar masjid memiliki beberapa keutamaan spiritual yang signifikan dalam Islam. Pertama, ini merupakan ekspresi dari kesadaran akan kehadiran Allah dan menghormati rumah-Nya. Kedua, membaca doa tersebut membantu membersihkan hati dari pengaruh negatif dan mengundang rahmat serta perlindungan Allah. Ketiga, melalui doa ini, seorang Muslim memohon ampunan dan berkah Allah, yang merupakan aspek penting dalam setiap tindakan ibadah.

Sebagai penutup, mempraktikkan doa masuk dan keluar masjid serta mengikuti adab-adabnya tidak hanya meningkatkan kualitas ibadah tetapi juga memperdalam hubungan spiritual seorang Muslim dengan penciptanya. Dengan demikian, setiap kunjungan ke masjid menjadi lebih bermakna dan berbuah pahala.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here