Doa Sholat Istikharah: Panduan dan Manfaat dalam Pengambilan Keputusan

Doa Sholat Istikharah: Panduan dan Manfaat dalam Pengambilan Keputusan

Smallest Font
Largest Font

portalislam - halo sahabat portal islam yang selalu di rahmati oleh ALLAH AZZA WA ZALLA pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang do'a shalat istikharah. berikut ulasannya.

للَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ وَعَـاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَبَارِكْ لِي فِيهِ ثُمَّ يَسِّرْهُ لِي وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ أَيْنَـــمَا كَانَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah dengan pengetahuan-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan sementara aku tidak mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. 

Doa Sholat Istikharah: Panduan dan Manfaat dalam Pengambilan Keputusan


Doa Sholat Istikharah merupakan doa yang biasa dilakukan oleh umat Muslim untuk meminta petunjuk Allah dalam mengambil keputusan penting dalam hidup mereka. Sholat Istikharah sendiri berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata, yaitu "istikharah" yang berarti meminta petunjuk dan bantuan Allah, serta "shalat" yang berarti kewajiban ibadah bagi umat Muslim.

Doa Sholat Istikharah dilakukan ketika seseorang dihadapkan pada pilihan-pilihan yang penting, seperti menentukan karir, menikah, memilih tempat tinggal, atau keputusan besar lainnya. Dalam menjalankan Sholat Istikharah, umat Muslim meyakini bahwa dengan meminta petunjuk kepada Allah, mereka akan dipandu ke arah yang terbaik.

Proses Sholat Istikharah dimulai dengan sholat Sunnah Tahajjud dua rakaat, kemudian dilanjutkan dengan doa khusus, yang biasanya dibaca setelah salam. Doa ini mengandung permohonan petunjuk kepada Allah, agar Dia memberikan kejelasan dan memudahkan pengambilan keputusan.

Doa Sholat Istikharah ini tidak hanya sebatas doa, namun juga melibatkan hati yang ikhlas serta keyakinan yang kuat bahwa Allah akan mengabulkan permohonan mereka. Umat Muslim meyakini bahwa doa ini menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon keputusan yang terbaik sesuai dengan rencana-Nya.

Keunikan dari Doa Sholat Istikharah adalah keputusan yang diminta bukanlah bentuk yang konkret dan langsung, seperti jawaban ya atau tidak. Melainkan lebih kepada memberikan petunjuk dalam hati dan memberikan pertanda-pertanda serta perasaan yang kuat. Dalam menjalankan Sholat Istikharah, umat Muslim meyakini bahwa Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

Sholat Istikharah juga mengandung makna bahwa manusia sebagai hamba Allah tidak boleh terjebak dalam kesombongan dan merasa mampu untuk mengatur hidupnya sendiri tanpa petunjuk-Nya. Dengan melakukan Sholat Istikharah, umat Muslim menunjukkan kerendahan hati dan ketergantungan mereka kepada Allah dalam mengambil keputusan yang memiliki dampak penting dalam hidup mereka.

Sebagai sebuah ibadah, Sholat Istikharah penting untuk dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, serta dibarengi dengan usaha dan niat yang baik dalam mencari ilmu, memikirkan konsekuensi, dan berdoa dengan penuh keyakinan. Dalam menjalankan Sholat Istikharah, umat Muslim meyakini bahwa Allah akan memberikan petunjuk yang terbaik sesuai dengan kehendak-Nya.

Sholat Istikharah bukanlah satu-satunya faktor dalam mengambil keputusan, namun merupakan sarana untuk memperoleh petunjuk dari Allah. Setelah melakukan Sholat Istikharah, umat Muslim diharapkan dapat menjalankan proses pemikiran dan teguh dalam niat serta menjadikan keputusan yang terbaik bagi diri mereka sendiri.

Sholat Istikharah adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan ketika seorang Muslim akan mengambil keputusan besar, seperti menikah, memilih pekerjaan, atau mengambil keputusan penting dalam hidupnya. Melalui sholat istikharah, seorang Muslim meminta petunjuk dari Allah SWT agar dijauhkan dari kesalahan dan dialokasikan pada jalan yang benar.

Untuk melaksanakan sholat istikharah, pertama-tama, kita perlu melakukan rakaat sunnah sebanyak dua rakaat. Rakaat ini dilakukan untuk memperkuat ikhtiar dan harapan kita akan petunjuk dari Allah. Selain itu, rakaat sunnah ini juga sebagai bentuk keseriusan dan ketaatan kita dalam melaksanakan ibadah ini. Setelah menyelesaikan rakaat sunnah, kita kemudian membaca doa istikharah sebelum dan setelah salam.

Doa istikharah sebelum salam adalah sebagai berikut:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِي بِهِ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu meminta petunjuk dengan ilmu-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dengan karunia-Mu yang luas, karena Engkau mampu dan aku tidak mampu, Engkau mengetahui dan aku tidak mengetahui, dan sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui segala hal yang ghaib.

Ya Allah, jika dalam urusan ini kebaikan bagiku, agamaku, kehidupanku, dan akibat guruku, maka takdirkanlah untukku, permudahkanlah jalannya untukku, dan berilah keberkahan padanya.

Dan jika dalam urusan ini keburukan bagiku, agamaku, kehidupanku, dan akibat guruku, maka jauhkanlah urusan tersebut dariku, jauhkanlah diriku darinya, dan takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja ia berada. Kemudian ridhailah aku terhadapnya."

Setelah membaca doa istikharah sebelum salam, kita kemudian salam kanan dan kiri seperti pada sholat biasa. Kemudian, kita membaca doa istikharah setelah salam

: اللَّهُمَّ إِنِّي أَتَسَوَّدُّ بِكَ مَسَاءِي وَصُبَحِي اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِي اخْتِيَارِ فِيمَا يَوَاخِرُنِي اشْتَرَكْنِي فِيمَا يَعْلَقُنِي فَإِنَّكَ تَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاقْدِرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِي بِهِ

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berwudhu dengan bimbingan-Mu pada pagi dan petangku. Ya Allah, berikan kepada aku petunjuk dalam memilih apa yang tertunda untukku, persatukanlah aku dengan apa yang menguntungkan dan dekatkanlah aku dengan apa yang mengaitkan diriku.

Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui, sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala hal yang ghaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat guruku, takdirkanlah bagiku dan mudahkanlah jalannya untukku, berilah keberkahan padanya.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat guruku, jauhkanlah urusan tersebut dari diriku dan jauhkanlah diriku darinya, serta takdirkanlah untukku kebaikan di mana saja ia berada. Kemudian, ridhailah aku dengan keputusan ini."

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Redaksi Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow