Doa

Doa

Portal Islam

May 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Keutamaan Doa Peminta Perlindungan dari Bencana Alam

Keutamaan Doa Peminta Perlindungan dari Bencana Alam

Keutamaan Doa Peminta Perlindungan dari Bencana Alam

Dalam ajaran Islam, perlindungan dari bencana alam merupakan hal yang sangat penting. Allah Pelindung hamba-Nya, satu-satunya sumber perlindungan dari berbagai bahaya. Rasulullah ajar berdoa menghindar bencana.

Doa Peminta Perlindungan dalam Bahasa Arab dan Latin

Doa ini dalam bahasa Arab disebut "دُعَاءٌ لِلْمَسْتَجِيرِ مِنْ الْبَلَاءِ الطَّبِيعِيِّ" (du'aun lil-mustajir min al-bala' al-tabiiyyi), sedangkan dalam bahasa Latin disebut "Oratio ad protectionem a calamitate naturali."

Makna dan Kekuatan Doa dalam Islam

Perlindungan dari Allah SWT dalam Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, Surah Al-Anfal ayat 30:
"Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir memikirkan kejahatan terhadapmu, agar mereka menangkapmu, atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya, dan Allah membuat tipu daya (pula), dan Allah adalah sebaik-baik Pembuat tipu daya."

Dari ayat ini, kita dapat memahami bahwa Allah SWT adalah Pelindung sejati bagi hamba-Nya. Kita meminta perlindungan kepada-Nya dalam menghadapi segala macam bencana dan musibah, baik dari manusia maupun dari alam.

Hadis tentang Perlindungan dari Bencana Alam

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga telah mengajarkan umatnya untuk berdoa dan meminta perlindungan dari Allah SWT dalam menghadapi bencana alam. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dalam sebuah hadis, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata:

"Barangsiapa yang di waktu subuh dia berkata: 'Aku berlindung kepada Allah dari kejahatan siang dan malam, dari kejahatan yang datang dari langit dan bumi, dari kejahatan malam saat turunnya, dan dari kejahatan siang saat naiknya, dan dari kejahatan setan di malam hari tatkala dia merintih' (Tirmidzi), niscaya dia akan terlindungi pada hari itu dari segala kejahatan, baik itu manusia maupun jin."

Dari hadis ini, kita belajar bahwa berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT adalah cara yang efektif untuk melindungi diri dari segala macam bencana dan musibah yang dapat mengancam kehidupan kita.

Amalan Doa Peminta Perlindungan dari Bencana Alam

Doa Peminta Perlindungan dalam Keseharian

Doa ini adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Kita dapat mengucapkannya setiap hari, baik di pagi hari sebelum beraktivitas maupun di malam hari sebelum tidur. Doa ini dapat menjadi perisai bagi kita dalam menghadapi segala macam ancaman yang dapat datang kapan saja.

Kekuatan Doa dalam Mengatasi Bencana Alam

Doa peminta perlindungan dari bencana alam juga memiliki kekuatan luar biasa dalam mengatasi bencana alam yang sedang terjadi. Dengan berdoa dengan tulus dan ikhlas, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan perlindungan-Nya dan menghindarkan kita dari segala macam bahaya yang dapat mengancam keselamatan hidup kita.

Kesimpulan

Doa peminta perlindungan dari bencana alam adalah bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT, kita menunjukkan ketundukan dan ketergantungan kita kepada-Nya sebagai Pelindung sejati. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa memperbanyak doa dan bertaqwa kepada Allah SWT, agar kita selalu dalam lindungan-Nya di dunia dan di akhirat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here