Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Sejarah Sholawat Nariyah di Indonesia: Perjalanan dan Pengaruhnya

Sholawat Nariyah

doa.portalislam.com - Pengaruh Islam di Indonesia terbukti melahirkan berbagai bentuk kebudayaan yang unik dan beragam. Salah satu warisan budaya yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia adalah sholawat. Sholawat merupakan doa atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW yang diungkapkan dalam bentuk lagu atau nyanyian. Salah satu jenis sholawat yang populer di Indonesia adalah sholawat Nariyah.

Sholawat Nariyah menjadi salah satu bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang memiliki keunikan tersendiri. Sholawat ini berasal dari sebuah doa yang disusun oleh Syekh Abdullah Bin Alawi Al-Haddad, seorang ulama besar dari Yaman pada abad ke-17. Doa tersebut kemudian dikenal dengan sebutan "Nariyah" yang berarti "terus bergelora" atau "yang mengalir deras seperti ombak".

Sholawat Nariyah sangat menarik perhatian masyarakat Indonesia karena melibatkan unsur kesenian dan kebudayaan. Dalam pelantunan sholawat ini, masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan alat musik tradisional seperti rebana atau hadrah. Selain itu, para penari juga turut memeriahkan dengan gerakan-gerakan yang indah dan dinamis.

Sholawat Nariyah memiliki lirik yang mendalam dan memiliki makna yang dalam. Sholawat ini menjadi sarana berdoa untuk memohon keberkahan, keselamatan, dan perlindungan dari segala macam musibah. Oleh karena itu, banyak orang yang mengamalkan sholawat ini untuk memperoleh keberkahan dalam hidup mereka.

Tidak hanya itu, sholawat Nariyah juga telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Sholawat ini sering dinyanyikan dalam berbagai acara keagamaan seperti pengajian, pernikahan, dan perayaan ulang tahun Nabi Muhammad SAW. Melalui sholawat Nariyah, masyarakat Indonesia juga dapat merasakan kedekatan dan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Nariyah telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah budaya Indonesia. Keberadaannya yang kaya akan makna dan nilai-nilai keagamaan turut membentuk identitas dan karakter masyarakat Indonesia. Melalui sholawat ini, kebersamaan dan persatuan dalam menjaga nilai-nilai keagamaan semakin terjaga.

Penyebaran Sholawat Nariyah di Indonesia

Setelah ditemukan oleh Syekh Abu Bakar bin Salim, Sholawat Nariyah kemudian menyebar dengan cepat di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi sholawat yang sangat terkenal dan banyak dinyanyikan oleh masyarakat Muslim.

Penyebaran Sholawat Nariyah di Indonesia dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti migrasi, perkembangan teknologi, dan perkembangan media sosial. Beberapa ulama dan santri yang mengenal sholawat ini ketika mereka melakukan studi agama di Tanah Suci Mekah dan Madinah. Ketika mereka pulang ke Indonesia, mereka membawa serta sholawat ini dan mulai mengajarkannya kepada masyarakat setempat.

Tidak hanya melalui para ulama, Sholawat Nariyah juga menyebar melalui media rekaman. Dalam beberapa dekade terakhir, industri musik Islam mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Banyak vokalis dan grup musik religi yang merekam dan menampilkan sholawat Nariyah dalam album dan konser mereka. Hal ini mempermudah akses masyarakat untuk mendengar dan menyanyikan sholawat Nariyah.

Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi dan media sosial, sholawat Nariyah dapat dengan mudah diakses melalui platform digital seperti YouTube, Spotify, dan aplikasi musik lainnya. Hal ini membuat sholawat Nariyah semakin dikenal dan dinyanyikan oleh banyak orang di Indonesia.

Tentu saja, penyebaran sholawat Nariyah tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat Muslim dalam memperkenalkan dan menyebarluaskannya. Mereka mengadakan pengajian, acara pengajian, dan kegiatan keagamaan lainnya yang memasukkan sholawat Nariyah menjadi bagian dari ibadah mereka.

Dengan demikian, penyebaran sholawat Nariyah di Indonesia telah melibatkan berbagai faktor seperti peran ulama, media rekaman, teknologi, media sosial, dan partisipasi aktif masyarakat Muslim. Hal ini menjadikan sholawat Nariyah sebagai salah satu sholawat yang sangat populer dan tersebar luas di Indonesia, dan terus menjadi bagian penting dalam kehidupan keagamaan masyarakat Muslim.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here