Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang: Amalan Utama Kehidupan

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang: Amalan Utama Kehidupan

Dzikir pagi dan petang merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan melaksanakan dzikir ini, kita dapat memperoleh berbagai keutamaan dan perlindungan dari Allah SWT. Dzikir pagi dan petang terdiri dari rangkaian bacaan yang sangat mudah untuk diamalkan setiap hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai bacaan dzikir pagi dan petang beserta keutamaan dan manfaatnya.

Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang dalam Islam

Membaca dzikir pagi dan petang merupakan amalan yang sangat ditekankan dalam Islam. Rasulullah SAW menyatakan, "Barangsiapa membaca subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar pada pagi hari dan petang hari sebanyak seratus kali, maka tidak ada yang akan mendatangkan hari kiamat dengan sejumlah amal yang lebih baik daripada amal tersebut, kecuali orang yang melakukan lebih banyak lagi dzikir daripada itu" (HR. Muslim).

Dari hadis di atas, kita bisa mengetahui bahwa membaca dzikir pagi dan petang merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Keutamaan tersebut membuat dzikir pagi dan petang menjadi salah satu amalan utama dalam kehidupan sehari-hari seorang Muslim.

Bacaan Dzikir Pagi dan Petang

Berikut adalah bacaan dzikir pagi dan petang beserta terjemahan dalam bahasa Latin:

Dzikir Pagi:
Subhanallah (33x)
Alhamdulillah (33x)
Allahu Akbar (33x)
La ilaha illallah (1x)
Astaghfirullahal 'azim (3x)
La hawla wala quwwata illa billah (1x)

Dzikir Petang:
Subhanallah (33x)
Alhamdulillah (33x)
Allahu Akbar (33x)
La ilaha illallah (1x)
Astaghfirullahal 'azim (3x)
La hawla wala quwwata illa billah (1x)

Manfaat dan Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang

Memperoleh Rahmat dan Maghfirah: Dengan melaksanakan dzikir pagi dan petang, kita akan senantiasa menerima rahmat dan maghfirah dari Allah SWT. Dzikir ini mengungkapkan rasa syukur dan pengakuan atas segala nikmat yang Allah telah berikan kepada kita.
Perlindungan dari Bahaya dan Bencana:Barangsiapa membaca ayat Kursi ketika pagi dan petang, maka Allah akan melindunginya hingga waktu petang, dan barangsiapa yang membacanya ketika petang, maka Allah akan melindunginya hingga waktu pagi (HR. An-Nasa'i).
Menjaga Ketenangan Hati dan Pikiran: Dzikir pagi dan petang juga dapat membantu menjaga ketenangan hati dan pikiran. Dengan mengingat Allah secara terus-menerus, kita akan merasa lebih tentram dan damai dalam menghadapi segala ujian dan cobaan hidup.
Mendekatkan Diri kepada Allah SWT: Dengan melakukan dzikir pagi dan petang, kita akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan merasakan kehadiran-Nya dalam setiap hembusan nafas, kita akan lebih merasa yakin dan percaya bahwa Allah selalu bersama kita dalam setiap langkah kehidupan.

Penutup

Dzikir pagi dan petang adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan melaksanakan dzikir ini, kita dapat memperoleh berbagai keutamaan dan perlindungan dari Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita jadikan dzikir pagi dan petang sebagai amalan utama dalam kehidupan sehari-hari kita agar senantiasa mendapatkan keberkahan dan rahmat dari-Nya.

الدعاء في الصباح والمساء: الممارسة الرئيسية في الحياة اليومية

Dua'a di pagi dan petang: Amalan utama dalam kehidupan sehari-hari
Hadits:
Ubadah bin Shamit meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menyatakan, "Barangsiapa membaca ayat Kursi pada pagi dan petang, Allah akan melindunginya hingga petang. Dan siapa yang membacanya pada petang, Allah akan melindunginya hingga pagi." (HR. An-Nasa'i).Dengan demikian, mari kita anjurkan dzikir pagi dan petang sebagai bagian dari rutinitas harian kita dalam Islam.Semoga dengan melaksanakan dzikir ini, kita dapat memperoleh berbagai keutamaan dan perlindungan dari Allah SWT.

 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here