Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Terhindar dari Penyakit 'Ain' dalam Tradisi Arab

Doa Terhindar dari Penyakit 'Ain' dalam Tradisi Arab

Pentingnya Doa dalam Mencegah Penyakit 'Ain'

Dalam Islam, doa memiliki peran penting sebagai bentuk perlindungan dari segala macam bahaya, termasuk penyakit. Orang meyakini pandangan mata iri atau dengki dapat menyebabkan penyakit 'Ain', sehingga umat Islam mengamalkan doa sebagai perlindungan kesehatan.

Ayat Al-Quran dan Hadis yang Berkaitan

Ayat Al-Quran:
Surah Al-Falaq (113:1-5):

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ﴿١﴾ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ ﴿٢﴾ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ ﴿٣﴾ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ ﴿٤﴾ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ ﴿٥﴾

Artinya:

"Katakanlah: Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai shubuh (fajar), dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki."

Hadis:
Hadis Riwayat Abu Dawud (4700):

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ يُعَوِّذُنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْعَيْنِ وَالْحَسَدِ وَقَالَ: " اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ "

Artinya:

"Dari Aisyah, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa berlindung untuk kami dari mata jahat dan iri. Dia bersabda: 'Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan mati, dan dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal."

Menghindari penyakit 'Ain dalam Islam melibatkan serangkaian tindakan yang melibatkan perlindungan diri dari pandangan mata iri dan dengki. Berikut adalah beberapa cara lengkap dalam bahasa Arab dan Latin:

1. Mengamalkan Doa Perlindungan:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Bismillahirrahmanirrahim
Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
2. Membaca Surah Al-Falaq:
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ
Qul a'udzu birobbil falaq
Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai fajar."
3. Membaca Ayat Kursi:
اللَّهُ لَا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ
Allahu la ilaha illa Huwa, Al-Hayyul Qayyum
Artinya: Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus.
4. Doa Perlindungan Diri:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
Allahumma inni a'udzubika min 'adzabil jahannam wa min 'adzabil qabr
Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.
5.Memperbanyak Istighfar:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِيْ لَا إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ
Astaghfirullahal 'adzim alladzi la ilaha illa Huwal Hayyul Qayyum
Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus.
6. Menghindari Pamer dan Riya:
اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُوْرِهِمْ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ
 Allahumma inna naj'aluka fi nuhurihim wa na'udzu bika min syururihim

Artinya:Ya Allah, kami menjadikan-Mu sebagai pelindung dari kejahatan mereka dan berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka.

Dengan mengamalkan doa-doa tersebut secara rutin, diharapkan seseorang dapat menjaga diri dari penyakit 'Ain dan mendapatkan perlindungan dari segala macam fitnah.

Menjaga Kesehatan Mata dengan Doa

Masyarakat Arab, yang meyakini kuat akan bahaya penyakit 'Ain', seringkali mengamalkan doa sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mata mereka. Salah satu doa yang sering dipanjatkan adalah doa yang terkandung dalam Surah Al-Falaq, yang merupakan bagian dari Al-Quran. Doa ini mengandung permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam kejahatan makhluk-Nya, termasuk kejahatan orang yang iri hati atau dengki.

Abu Dawud meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW sering berlindung kepada Allah dari bahaya penyakit 'Ain' dan iri hati. Dalam hadis tersebut, beliau mengajarkan umatnya untuk berlindung dari berbagai fitnah, termasuk fitnah Al-Masih Ad-Dajjal yang merupakan simbol dari kejahatan dan tipu daya.

Kesimpulan

Masyarakat Islam yakin bahwa doa terhindar dari penyakit 'Ain' memberikan perlindungan dari pandangan iri atau dengki. Dengan mengamalkannya secara rutin, kita berharap dapat menjaga kesehatan dan tubuh dari bahaya serta fitnah. Doa ini, dalam praktiknya, mengekspresikan keyakinan akan kekuatan Allah SWT dalam melindungi umat-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here