Doa

Doa

Portal Islam

May 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Sholat Jenazah dan Artinya: Memahami Makna dalam Kehidupan Muslim

Doa Sholat Jenazah Dan Artinya

Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah yang penting dalam Islam. Doa ini memiliki makna mendalam yang mencerminkan keyakinan dan harapan umat Muslim terhadap kehidupan setelah kematian. Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi  artinya secara mendalam, serta maknanya dalam kehidupan seorang Muslim.

Makna Doa Sholat Jenazah

Doa ini terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki makna dan pesan tersendiri bagi orang yang meninggal dan bagi mereka yang masih hidup. Salah satu doa yang biasa dibacakan :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

permohonan ampunan, rahmat, keselamatan, dan kemuliaan di sisi Allah.

Makna Doa Sholat Jenazah dalam Kehidupan Muslim

Doa ini bukan hanya rangkaian kata-kata, melainkan juga ekspresi keyakinan akan kehidupan setelah kematian. Doa ini mengajarkan umat Muslim untuk menghadapi kematian dengan penuh ketenangan dan kepasrahan kepada kehendak Allah SWT.

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah (2:156):

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّـهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

"Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada Allah kami akan kembali."

Hadis juga mencatatkan ajaran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tentang pentingnya memohonkan kebaikan bagi orang yang telah meninggal. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika seorang manusia meninggal, maka amalannya terputus kecuali dari tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang shalih untuknya."

Dari ayat Al-Quran dan hadis di atas, kita dapat memahami bahwa doa sholat jenazah tidak hanya bermanfaat bagi orang yang meninggal, tetapi juga sebagai bentuk ibadah dan kebaikan bagi mereka yang masih hidup.

Kesimpulan

Doa sholat jenazah penting dalam Islam, mengajak umat Muslim menjalankannya dengan kesadaran dan keikhlasan di akhirat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here