Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Keutamaan Dzikir Pagi Menurut Hadits Nabi untuk Memulai Hari dengan Berkah

Dzikir Pagi dan Petang

doa.portalislam.com - Dzikir pagi merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nabi kita yang mulia ini dalam hadits-haditsnya banyak mengungkapkan keutamaan dari mengingat Allah SWT di pagi hari. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang penuh dengan segudang tugas dan pekerjaan, rasanya sangat penting untuk menyadari pentingnya dzikir pagi sebagai cara untuk mengisi hati dengan ketenangan dan keberkahan.

Hadits-hadits Nabi yang menyebutkan keutamaan dzikir pagi ini menjadi anjuran yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Salah satu hadits yang sangat tersohor mengenai keutamaan dzikir pagi adalah hadits riwayat Bukhari-Muslim yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ada dua kalimat yang ringan di lidah, berat di timbangan, dan dicintai oleh Allah SWT, yaitu subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil 'adzimi." Dalam hadits inilah Nabi mengajarkan kepada kita akan ringkas dan mudahnya dzikir pagi yang sangat berarti dalam kehidupan kita sebagai hamba Allah SWT.

Melalui dzikir pagi, kita diajak untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan menyadari kebesaran dan keagungan-Nya. Selain itu, berdzikir di pagi hari juga dapat memberikan energi dan semangat yang lebih untuk menghadapi segala tantangan dan kesibukan dalam hidup. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa orang yang berdzikir di pagi hari akan mendapatkan keridhaan Allah SWT dan akan menjelaskan jalannya hingga sore hari. Sehingga, melalui dzikir pagi, kita diajarkan untuk memiliki ikatan yang lebih kuat dengan Allah dan memohon petunjuk-Nya dalam setiap langkah hidup.

Bagi sebagian orang, dzikir pagi mungkin terasa seperti rutinitas yang membosankan, tetapi dengan menghayati setiap kata dzikir tersebut, kita akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam diri. Dalam kesibukan yang begitu padat di pagi hari, kita seringkali lupa akan manfaat dzikir tersebut. Namun, ketika kita meluangkan waktu sejenak untuk mengingat Allah SWT, rasanya seperti memiliki kekuatan tambahan untuk menghadapi segala sesuatu. Dzikir pagi menjadi pengingat bahwa hidup ini tak lepas dari kehadiran Allah SWT dan bahwa segala pencapaian yang kita dapatkan adalah berkat rahmat-Nya.

Keutamaan Dzikir Pagi

 

Dzikir pagi memiliki keutamaan yang luar biasa dalam agama Islam. Salah satunya adalah mendapatkan pahala sebanyak seribu kali lipat dari setiap kalimat dzikir yang diucapkan, sebagaimana yang disampaikan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

 

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunnah dari Abu Darda, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa mengucapkan subhanallah wal hamdulillah wal la ilaha illallah wallahu akbar, maka ia akan mendapatkan pahala seperti membebaskan seribu orang budak, dan diberi pahala sebagai that beban tersebut", atau dalam riwayat yang lain, "seribu kebaikan dilaik yang ia amalkan dari pahala yang banyak seperti itu".

 

Hadits ini menggambarkan betapa besarnya pahala yang dapat diperoleh melalui dzikir pagi. Dzikir pagi merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan mengucapkan kalimat dzikir yang sederhana, kita dapat memperoleh pahala yang berlimpah.

 

Tidak hanya mendapatkan pahala berlipat, dzikir pagi juga memiliki manfaat lain bagi kehidupan kita. Melalui dzikir pagi, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT, mengingat kebesaran-Nya, serta merasa lebih tenang dan nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Dzikir pagi juga dapat menjadi obat bagi hati yang gelisah dan terbuka pintu rezeki yang tidak terduga.

 

Sebagai umat Muslim, tidak ada alasan untuk melewatkan dzikir pagi ini. Dengan meluangkan sedikit waktu setiap pagi untuk mengucapkan dzikir dan merenungkan kebesaran Allah, kita dapat memperoleh banyak manfaat dan keberkahan dalam hidup kita.

 

Selain mendapatkan pahala yang berlipat, kita juga akan merasakan ketenangan batin dan perlindungan dari Allah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan pernah lupa untuk melaksanakan dzikir pagi sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW dan jadikanlah amalan ini sebagai kebiasaan yang terus kita lakukan setiap hari.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here