Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Keutamaan Dzikir Petang Menurut Hadits Nabi: Mendapatkan Barokah dan Ketenteraman

Dzikir Pagi dan Petang

doa.portalislam.com - Dzikir petang merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Rasulullah SAW telah memberikan penjelasan mengenai keutamaan dzikir petang dalam beberapa hadits. Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallahul Malikul Haqqul Mubin tujuh kali di waktu petang sebelum ia beranjak tidur, maka Allah akan memaafkan dosanya meski sebanyak buih di lautan."

Dalam hadits lainnya yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap manusia di pagi hari menjual dirinya. Maka ada orang yang membebaskan dirinya, dan ada pula orang yang menjualnya dengan harga murah. Barangsiapa yang mengucapkan Kalimat Laa ilaaha illallahul Malikul Haqqul Mubin sebanyak seratus kali di waktu petang, maka Allah akan menyelamatkannya dari penjualan yang merugikan pada hari kiamat."

Dari kedua hadits di atas, kita bisa mendapatkan pemahaman akan keutamaan dzikir petang. Dengan mengucapkan kalimat tersebut di waktu petang, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini menunjukkan betapa besar rahmat dan pengampunan Allah terhadap hambanya yang taat. Selain itu, dzikir petang juga merupakan investasi untuk kehidupan di akhirat. Dengan mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallahul Malikul Haqqul Mubin seratus kali di waktu petang, kita akan terhindar dari penjualan yang merugikan pada hari kiamat.

Oleh karena itu, menjadikan dzikir petang sebagai amalan harian adalah hal yang sangat penting bagi umat Islam. Selain mendapatkan keutamaan-keutamaan yang disebutkan di atas, dzikir petang juga akan membantu kita merenungkan segala nikmat yang telah Allah berikan. Momen petang adalah waktu yang tepat untuk introspeksi dan memohon ampunan kepada Allah. Sebagai manusia yang lemah, kita tidak luput dari melakukan kesalahan. Namun, Allah memberikan kesempatan bagi kita untuk memperbaiki diri dan bertaubat.

Manfaat Dzikir Petang Menurut Hadits Nabi

 

Dzikir petang adalah amalan yang memiliki keutamaan yang tinggi menurut hadits-hadits Nabi. Keutamaan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kehidupan akhirat, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kehidupan dunia. 

Salah satu keutamaan dzikir petang adalah bahwa dzikir ini dapat meningkatkan ketenangan dan kebahagiaan dalam diri seseorang. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw. bersabda, "Barangsiapa yang menjadikan dzikir petang sebagai amalannya, maka hatinya akan tenang dan dia akan mendapatkan rasa syukur yang mendalam." Dzikir petang membantu menghilangkan beban pikiran yang dapat menyebabkan stres dan kegelisahan.



Dzikir petang juga memiliki manfaat dalam menghapuskan dosa dan kesalahan. Rasulullah Saw. bersabda dalam hadits riwayat Abu Dawud, "Barangsiapa yang mengucapkan dzikir petang dengan tulus ikhlas, maka akan terhapus dosanya." Dengan rutin melaksanakan dzikir petang, seseorang dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan dalam sehari.



Selain itu, dzikir petang juga memiliki manfaat dalam mendapatkan keberkahan di dalam hidup. Rasulullah Saw. bersabda dalam hadits riwayat Abu Dawud, "Barangsiapa yang senang mendapatkan berkah dalam hartanya dan umurnya, maka hendaklah dia memperbanyak dzikir petang." Dzikir petang dapat membantu seseorang dalam mencapai keberkahan materiil dan spiritual dalam hidupnya.



Keutamaan dzikir petang juga terkait dengan perlindungan dari gangguan syaitan dan kemudharatan. Rasulullah Saw. bersabda dalam hadits riwayat Tirmidzi, "Barangsiapa yang membaca dzikir petang, maka ia akan dilindungi dari gangguan syaitan dan kemudharatan di malam hari." Dzikir petang membantu seseorang menjaga diri dari godaan syaitan dan menjauhkan diri dari bahaya yang mungkin terjadi di malam hari.



Secara keseluruhan, dzikir petang memiliki manfaat yang besar dalam kehidupan seseorang. Amalan ini tidak hanya membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan perlindungan seseorang. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap muslim untuk melaksanakan dzikir petang secara rutin dan konsisten.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here