Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tadarus Al-Quran saat Ramadan: Langkah Mendekatkan diri pada Kitab Suci

Tadarus Al-Quran saat Ramadan: Mendekatkan diri pada Kitab Suci

Bulan Ramadhan telah tiba, membawa berkah dan kesempatan emas bagi umat Islam untuk meningkatkan kedekatan dengan Al-Quran. Di antara berbagai ibadah yang dianjurkan selama bulan suci ini, tadarus Al-Quran menjadi salah satu praktik ibadah yang sangat ditekankan. Tadarus bukan sekadar membaca Al-Quran, melainkan juga merenungkan, memahami, dan menggali hikmah yang terkandung di dalamnya. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai pentingnya tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan dan bagaimana ibadah ini mampu membawa berkah serta keberkahan dalam hidup kita.

Pentingnya Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

Tadarus Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Bulan yang dianggap sebagai saat turunnya Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mendapatkan pahala yang dilipat gandakan serta setiap huruf yang dibaca akan diberi balasan dengan kebaikan. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist mengenai kebiasaan Rasulullah SAW membaca Al-quran selama bulan suci ramadhan.

Dalam hadits riwayat Ibnu ‘Abbas dijelaskan:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Artinya: Dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril as menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus (HR Bukhari).

Meningkatkan Kedekatan dengan Al-Quran

Meningkatkan kedekatan dengan Al-Quran adalah suatu langkah penting dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kedekatan dengan Al-Quran:
1.Membaca Al-Quran secara Rutin: 
Jadikan membaca Al-Quran sebagai kebiasaan harian. Tentukan waktu-waktu yang tetap setiap hari untuk membaca Al-Quran, baik itu di pagi hari, siang, sore, atau malam. Dengan membaca Al-Quran secara rutin, kita dapat meningkatkan pemahaman dan kedekatan dengan isi kitab suci ini.
2.Memahami Makna dan Tafsir Al-Quran: 
Selain membaca, usahakan juga untuk memahami makna dan tafsir dari ayat-ayat Al-Quran. Baca tafsir Al-Quran dari ulama-ulama terpercaya atau ikuti kelas-kelas tafsir Al-Quran. Hal ini akan membantu kita untuk lebih mendalami dan memahami pesan-pesan yang terkandung dalam Al-Quran.
3.Mengamalkan Ajaran Al-Quran dalam Kehidupan Sehari-hari: 
Al-Quran bukan hanya untuk dibaca dan dipahami, tetapi juga harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah untuk mengimplementasikan ajaran-ajaran Al-Quran dalam segala aspek kehidupan, baik itu dalam hubungan dengan sesama, perilaku, maupun dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
4.Mengaji Al-Quran secara Berkelompok: 
Bergabunglah dalam kelompok-kelompok pengajian Al-Quran di lingkungan sekitar atau ikuti program-program pengajian Al-Quran secara online. Dengan bergabung dalam kelompok pengajian, kita dapat saling memotivasi dan mendukung satu sama lain dalam meningkatkan kedekatan dengan Al-Quran.
5.Memperbanyak Doa dan Dzikir: 
Selalu sertakan Al-Quran dalam ibadah harian kita, seperti dalam shalat, dzikir, dan doa. Dengan menyertakan Al-Quran dalam ibadah kita, kita dapat merasakan keberkahan dan kedekatan yang lebih dengan Allah SWT.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten, kita akan semakin mendekatkan diri kepada Al-Quran dan mendapatkan berbagai keberkahan serta petunjuk dari-Nya.

Keutamaan Tadarus Al-Quran

Keutamaan Tadarus Al-Quran dalam Hadis

Disebutkan dalam buku Tuntunan Ibadah Ramadan dan Hari Raya karya M. Nielda dan R. Syamsul B., salah satu keutamaan dari membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan seraya mempelajari isinya, yaitu dapat memperoleh ketenangan dan dinaungi oleh para malaikat.

Keutamaan tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Abu Hurairah r.a.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ الله، يَتلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكينة، وغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةَ وَحَفَتُهُمُ الْمَلَائِكَةَ، وَذَكَرَهُمُ الله فيمَنْ عِنْدَهُ. رواه مسلم

Artinya: "Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah di antara rumah-rumah Allah (masjid), kemudian mereka membaca kitab Allah (Al-Qur'an) dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun atas mereka sakinah (ketenangan) dan Allah meliputi mereka dengan rahmat, mereka akan dinaungi para malaikat, dan Allah akan membanggakan mereka di hadapan para malaikat." (HR Muslim).

Manfaat Spiritual Tadarus Al-Quran

Tadarus Al-Quran, atau membaca dan mempelajari Al-Quran secara rutin, memiliki manfaat spiritual yang sangat besar dalam kehidupan seorang Muslim. Berikut adalah beberapa manfaat spiritual tadarus Al-Quran:
1.Mendekatkan Diri kepada Allah SWT:
Dengan membaca dan memahami firman-Nya, seseorang akan semakin menyadari kebesaran dan kekuasaan Allah, serta merasa lebih dekat dengan-Nya.
2.Memperkuat Iman dan Ketakwaan:
Firman-firman yang terkandung dalam Al-Quran memberikan kekuatan dan ketenangan jiwa bagi yang membacanya.
3.Menghilangkan Kegelisahan dan Keresahan:
Tadarus Al-Quran dapat membantu menghilangkan kegelisahan dan keresahan dalam hati seseorang. Firman-firman yang penuh hikmah dan ketenangan dalam Al-Quran memberikan ketenangan pikiran dan jiwa bagi yang membacanya.
4.Mengingatkan akan Akhirat:
Al-Quran secara konsisten mengingatkan kita akan kehidupan akhirat dan pentingnya persiapan untuk menghadapinya. Hal ini membantu seseorang untuk tetap fokus pada tujuan hidup yang sebenarnya dan menjauhkan diri dari godaan duniawi yang sementara.
5.Meningkatkan Kualitas Ibadah:
Tadarus Al-Quran juga dapat meningkatkan kualitas ibadah seseorang, seperti shalat, dzikir, dan doa. Dengan memahami makna ayat-ayat Al-Quran, seseorang akan lebih khusyuk dan penuh penghayatan dalam melaksanakan ibadahnya.

Dengan demikian, tadarus Al-Quran memiliki manfaat spiritual yang sangat besar bagi kehidupan seorang Muslim. Dengan membaca dan memahami Al-Quran secara rutin, seseorang dapat merasakan kedamaian, ketenangan, dan kebahagiaan yang sesungguhnya dalam hidupnya.

Cara Melakukan Tadarus Al-Quran dengan Baik

Langkah-langkah untuk Melakukan Tadarus Al-Quran

Agar tadarus Al-Quran menjadi lebih bermakna, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:
1.Berwudhu, dan menutup aurat
2.Baca dengan tajwid yang benar dan penuh penghayatan.
3.Renungkan makna ayat-ayat yang dibaca serta aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4.Usahakan untuk menghafal ayat-ayat pilihan dan memperdalam pemahaman terhadap Al-Quran.
5.Dibaca rutin setiap hari.

Keberkahan melalui Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

Berikut adalah beberapa manfaat dan keberkahan yang dapat diperoleh melalui tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan:
1. Memperoleh ketenangan dan dilindungi malaikat
2. Pahala satu huruf dibalas sepuluh kebaikan
3. Dihindarkan dari sifat dengki
4. Mendapatkan syafaat di hari kiamat
5. Ditempatkan di surganya Allah SWT 

Kesimpulan

Meraih Keberkahan melalui Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan

Tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Al-Quran dan Allah SWT. Melalui tadarus Al-Quran, umat Islam dapat memperoleh manfaat spiritual yang besar serta meraih keberkahan dalam kehidupan mereka. Mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ibadah tadarus Al-Quran kita dan meraih keberkahan dari-Nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here