Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Beserta Latin dan Artinya

Doa Naik Kendaraan

Perjalanan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, baik itu perjalanan jarak dekat maupun jauh, menggunakan berbagai macam moda transportasi seperti kendaraan darat, laut, dan udara. Dalam tradisi Islam, membaca doa sebelum memulai perjalanan adalah praktek yang sangat dianjurkan. Doa ini tidak hanya sebagai permohonan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan, tetapi juga sebagai ekspresi rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang doa naik kendaraan darat, laut, dan udara beserta latin dan artinya, untuk membantu umat Islam dalam mengamalkan sunnah Rasulullah SAW.

Doa Naik Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, baik itu dengan kendaraan darat, laut, atau udara, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Doa ini merupakan salah satu cara untuk menyerahkan diri dan perjalanan yang akan dilakukan kepada Allah SWT, memohon keselamatan, perlindungan, dan kemudahan. Berikut adalah doa yang bisa dibaca sebelum memulai perjalanan dengan kendaraan apapun.

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Perjalanan darat, seperti menggunakan mobil, bus, atau sepeda motor, adalah moda transportasi yang paling umum digunakan sehari-hari. Doa yang dibaca sebelum memulai perjalanan darat adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

"Bismillahi tawakkaltu 'alallah, la hawla wa la quwwata illa billah."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, saya bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

Doa ini mengingatkan kita bahwa segala kemudahan yang kita nikmati, termasuk kemudahan dalam perjalanan, adalah berkat dari Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita diingatkan untuk selalu bersyukur dan mengakui kekuasaan-Nya.

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Perjalanan melalui laut atau sungai dengan menggunakan kapal atau perahu memiliki doa tersendiri yang dianjurkan untuk dibaca, yaitu:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا، إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

"Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna robbii laghofuurur rohiim."

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Doa ini mengandung makna bahwa segala sesuatu bergerak dan berhenti dengan izin Allah SWT. Membaca doa ini sebelum perjalanan laut mengingatkan kita akan kebergantungan kita kepada kekuasaan-Nya dan memohon perlindungan selama di perjalanan.

3. Doa Naik Kendaraan Udara

Perjalanan udara, seperti dengan pesawat, merupakan pengalaman yang unik dan sering kali menimbulkan rasa takjub akan ciptaan Allah SWT. Doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum perjalanan udara adalah:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

"Allaahumma hawwin 'alainaa safaranaa hadzaa wathwi 'annaa bu'dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl."

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Doa ini tidak hanya memohon kemudahan dan keselamatan dalam perjalanan, tetapi juga perlindungan untuk keluarga yang ditinggalkan. Ini menunjukkan bahwa dalam Islam, perjalanan tidak hanya tentang diri sendiri, tetapi juga tentang keberkahan dan perlindungan untuk orang-orang yang kita cintai.

Waktu yang Tepat untuk Membaca Doa Naik Kendaraan

Waktu yang paling tepat untuk membaca doa naik kendaraan adalah sebelum memulai perjalanan. Ini bisa dilakukan saat Anda sudah berada di dalam kendaraan, sebelum kendaraan bergerak. Dengan demikian, doa ini menjadi pembuka perjalanan yang akan dilakukan, menandakan bahwa segala sesuatu yang akan dihadapi di perjalanan berada di bawah perlindungan dan kehendak Allah SWT.

Bagi beberapa orang, membaca doa juga bisa dilakukan saat sedang dalam perjalanan, terutama jika perjalanan tersebut dirasa membahayakan atau menimbulkan kecemasan. Membaca doa di tengah perjalanan dapat membantu menenangkan hati dan pikiran, mengingatkan kembali pada perlindungan Allah SWT.

Amalan Sunnah Saat Naik Kendaraan

Di samping membaca doa, terdapat beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan saat naik kendaraan. Salah satunya adalah mengucapkan takbir ("Allahu Akbar") saat kendaraan mulai bergerak. Ini merupakan pengakuan atas kebesaran Allah SWT dan syukur atas nikmat yang diberikan-Nya, yaitu kemudahan dalam perjalanan.

Amalan lainnya adalah berdoa untuk keselamatan tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk semua penumpang yang berada dalam kendaraan tersebut. Ini menunjukkan bahwa dalam Islam, kepedulian terhadap sesama merupakan bagian dari ibadah dan keimanan kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Membaca doa sebelum naik kendaraan darat, laut, dan udara adalah praktek yang sangat dianjurkan dalam Islam. Doa ini bukan hanya permohonan keselamatan dan perlindungan selama perjalanan, tetapi juga ekspresi rasa syukur dan pengakuan atas kekuasaan Allah SWT. Dengan membaca doa, kita diingatkan untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala hal, termasuk dalam perjalanan yang kita lakukan. Semoga dengan mengamalkan doa ini, perjalanan kita selalu dalam lindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here