Doa

Doa

Portal Islam

Apr 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Amalan Doa Khatam Al-Quran: Mengakhiri Momen Berharga Menyelesaikan Kitab Suci

portalislam - Doa Khatam Al-Quran merupakan sebuah amalan yang dilakukan untuk menutup momen penting menyelesaikan bacaan Kitab Suci Al-Quran. Doa ini biasanya dilakukan setelah seseorang berhasil menyelesaikan membaca seluruh ayat-ayat Al-Quran.

Dalam Islam, Al-Quran adalah kitab suci yang dianggap sebagai firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril. Al-Quran berisi petunjuk hidup dan pedoman untuk umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia.

Menyepakati momen penting menyelesaikan bacaan Al-Quran dengan doa khatam adalah suatu bentuk penghormatan dan penghargaan yang dilakukan umat Muslim. Ini menunjukkan kecintaan mereka terhadap Al-Quran dan kesungguhan mereka dalam menimba ilmu dan mengartikan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

Amalan Doa Khatam Al-Quran: Mengakhiri Momen Berharga Menyelesaikan Kitab Suci

Doa khatam Al-Quran juga merupakan bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam Islam, membaca Al-Quran adalah salah satu bentuk ibadah yang paling mulia. Melalui doa khatam, umat Muslim berharap agar amalan mereka diterima oleh Allah SWT dan diberi pahala yang besar.

Doa khatam Al-Quran biasanya dilakukan dengan membaca doa-doa yang tertulis dalam kitab tuntunan ibadah atau pun dengan menggunakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam doa khatam ini, umat Muslim memohon kepada Allah SWT agar bacaan Al-Quran yang telah mereka lakukan diterima sebagai amalan yang bernilai di sisi-Nya.

Doa khatam Al-Quran biasanya dilakukan secara berjamaah, terutama di masjid atau mushalla. Namun, tidak ada larangan untuk melakukannya secara perorangan di rumah. Yang terpenting adalah niat yang ikhlas dan kesungguhan hati dalam melakukan amalan ini.

Setelah membaca doa khatam Al-Quran, ada beberapa tradisi atau kebiasaan yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim. Misalnya, mereka biasanya melakukan kenduri atau acara perayaan kecil untuk merayakan momen bersejarah ini.

Momen khatam Al-Quran juga sering dimanfaatkan untuk berbagi kebahagiaan kepada keluarga, saudara, teman, maupun tetangga dengan mengundang mereka untuk hadir dalam acara tersebut.

Secara budaya, momen khatam Al-Quran juga sering diiringi dengan berbagai kegiatan seperti pembacaan dzikir, tausiyah, ceramah keagamaan, atau pun pembacaan hadis-hadis Nabi. Hal ini bertujuan untuk lebih menguatkan rasa syukur kepada Allah SWT dan memperoleh manfaat spiritual yang lebih dalam dari momen penting ini.

Doa khatam Al-Quran menjadi momen yang sangat berharga bagi umat Muslim. Mereka berharap agar doa-doa yang mereka panjatkan di momen tersebut dapat membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan mereka.

Dengan menutup momen berharga menyelesaikan bacaan Kitab Suci Al-Quran dengan doa, umat Muslim berharap agar amalan yang mereka lakukan dapat diterima oleh Allah SWT dan menjadi sarana untuk mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan di dunia dan akhirat.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here